Kamis, 06 November 2014

RANCANGAN PERENCANAAN SISTEM E-BUSSINESS BLOWJOB HARDWEAR MMIX



TUGAS LAPORAN
RANCANGAN PERENCANAAN SISTEM  E-BUSSINESS BLOWJOB HARDWEAR MMIX



Disusun oleh:
PRIO AJI PRASETYO
13.0101.0107
kumiskopi.blogspot.com



PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014/2015



BAB.1 PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

Dengan perkembangan ekonomi yang semakin modern dan kebutuhan yang mulai tinggi, tak hayal kini dunia bisnis sudah tak asing ditiap telinga kita. Untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen, tiap perusahaan melakukan persaingan yang sangat ketat. Baik dalam bidang jasa atau produksi sekalipun. Seperti perusahaan tekstil dan menjadi barang mode pakaian yang sudah sangat pesat perkembangannya. Banyak bermunculan industri-industri kreatif yang berkiblat kearah fashion. Perusahaan Blowjob House Manual Screen Printing (BLWJB HARDWEAR) merupakan industri kecil alias industri rumahan yang bergerak dibidang percetakan dan sablon pakaian. Industri ini sudah bisa dikatakan industri yang lumayan berkembang yang berada disudut Kota Magelang. Ini salah satu dari sekian banyaknya industri kreatif yang lain. Alasan utamanya karena anak muda yang kini sudah mampu menciptakan dan mendapatkan pikiran-pikiran dari luar tentang mode pilihan pakaian. Namun dengan kelebihan itu masih dirasa kurang karena minimnya pemasukkan yang berasal dari luar kota. Untuk itu perlu adanya berbagai elektronik teknologi yang mampu menjangkau ke daerah-daerah luar. Melalui web itu sebagai solusi utama yang harus diterapkan pada usaha ini. Begitu juga mengatasi persaingan yang kini sudah banyak adanya. Teknologi Informasi yang pesat harus mampu kita gunakan sebaik-baiknya. Dengan begitu, manajemen operasional dan produksi akan diberikan kemudahan dalam memanajerialkan suatu perusahaan atau industri.

B.        RUMUSAN MASALAH
1.         Infrastuktur apa sajakah yang mampu menunjang industri kreatif masuk kedalam online (web)?
2.         Estimasi biaya pengadaan infrastruktur yang dibutuhkan. Baik domain, hosting, atau akses
3.         Merancang desain website yang berkarakter persis dengan tipe BLWJB HARDWEAR yang lebih pada keutamaan kreatifitas

C.       TUJUAN
Tujuan utama dengan adanya perencanaan konsep E-Bussiness ini diharapkan :
1.         Memperluas jaringan produksi terhadap konsumen
2.         Memberikan efisiensi yang terbaik bagi para konsumen
3.         Menampilkan hasil-hasil kreatif yang sudah diproduksi
4.         Mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern






BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

A.    TENTANG E-BUSSINESS
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam perkembangan iptek yang semakin dominan, e-bussiness mampu menawarkan bisnis jarak jauh atau secara online dengan syarat yang mudah dan efisien serta murah. Menurut saya bisnis online dapat dikatakan juga sebagai internet marketing.
B.     TENTANG B2C
Di-era yang semakin canggih ini tentunya bentuk berbisnis sudah mulai macam-macam. Dengan adanya komunikasi informasi dan berbagai media seperti: BBM, Twitter, Facebook, Instagram, Blog, atau media lainnya ini, kita dimudahkan untuk melakukan segala hal untuk mencapai tingkat bisnis kita. Kita tak bisa lepas pada kebutuhan hidup yang semakin tinggi dan penuh tuntutan. Dengan proses online ini, kesibukan yang kita miliki dapat teratasi dengan mudahnya kebutuhan yang ingin kita capai. Bagi saya, produk yang dijual secara online atau secara langsung itu sama saja. Hanya bedanya tingkat kepercayaan kita ketika melakukan pembelian online, karena tentunya kita tidak bisa melihat atau memegang asli barang tersebut. Namun, semua itu kembali kediri masing-masing yang tentunya lebih senang dan percaya jelas terhadap pembelian dengan via online. Kadang juga kita mencari suatu kebutuhan melalui beli langsung ke toko belum tentu dapat kita terima karena kurang cocoknya atau tak sesuai yang diinginkannya. Dan sebaiknya juga kita sebagai manusia harus bisa mengatur tingkat kebutuhan kita. Jangan terlalu ego untuk membeli suatu kebutuhan yang tak sesuai yang diharapkan dan menjadi manusia konsumenrisme.
C.    TENTANG E-COMMERENCE / PASAR ELEKTRONIK
Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.




Tipe dan macam- macam Aplikasi
e-mail
e-mail adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaftarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online.

World Wide Web
World Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet.Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera).
Facebook dan Twitter
Facebook adalah layanan jaringan social dan situs web, agar semua orang bisa membuat profil pribadi yang bertujuan mencari teman, keluarga. Pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu. Serta dapat dijadikan sebagai tempat promosi yang sangat efektif. Begitu juga dengan twitter, namun dalam twitter hanya dibatasi sampai 140 karakter kata saja. Di twitter sangat mudah untuk mencari pelanggan atau konsumen yang akan membeli produk maupun jasa.

Instagram
Sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya keberbagai layanan jejaring social. Dengan media ini foto yang kita hasilkan dapat kita promosikan itu sebagai hasil percetakan.

Blogspot
Merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari kita sebagai pengguna blog. Kita menggunakan untuk bidang promosi dan industri. Jadi ini dibuat dengan banyaknya tampilan yang menarik.



BAB III. PEMBAHASAN

A.    RANCANGAN PENGEMBANGAN
Tujuan pengembangan adalah untuk kepastian mendapatkan pertumbuhan penjualan dan laba masa datang. Untuk itu dengan adanya e-commerence, kita harus memanfaatkan sistem betul-betul. Dalam e-bussiness pun terdapat e-marketing yang dapat mengkoordinir pengembangan tersebut. E-marketing memberikan beberapa tahapan yang baik dilakukan.
a. Situation analysis 
Pada tahap awal ini dilakukan dalam menyusun perencanaan pembangunan e-marketing dimana pada tahapan ini dilakukan analisis kondisi atau tingkat keefektifan dari aktivitas marketing.
b. Objectivities 
Setelah perusahaan ini mengetahui posisi mereka dalam marketplace kemudian saatnya menentukan tujuan. Tujuan mengarahkan perusahaan supaya fokus hanya pada hal-hal yang ingin dicapai.
c. Strategy formulation 
Setelah tujuan yang ingin dicapai berhasil dirumuskan makan penyusunan strategi yang tepat sasaran dapat dilakukan.
d. Tactics 
Dalam tahap ini perusahaan dituntut untuk dapat memikirkan dan mengimplementasikan sebuah taktik yang jitu. Taktik adalah penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan guna mencapai tujuan. 
e. Action 
Setelah berhasil merumuskan taktik saatnya untuk memecah taktik tersebut menjadi sebuah rangkaian rencana kerja yang terstruktur dan terjadwal.
f. Control 
Pada tahapan ini yang dimaksut control adalah memonitor dan mengevaluasi secara berkala apakah fungsi marketting yang telah diterapkan perusahaan sudah berhasil mencapai tujuan ataukah belum.
            Dengan ini, pengembangan percetakan BLOWJOB HARDWEAR tak hanya didalam proses pemasaran online saja, tetapi pada pnerapan sebagai perusahaan yang kini sudah berkembang juga harus dapat teratur.

B.     KEBUTUHAN INFRASTRUKTUR
Untuk pengembangan secara internet, perlu adanya perangkat antara hardware dan software yang digunakan agar pengembangan berjalan secara baik. Untuk hardware sendiri dibutuhkan :

Perangkat
Keterangan
Komputer
Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM minimal 64MB. Harddisk minimal 10GB. VGA card minimal 4MB.
Modem
Suatu alat komunikasi dua arah. Guna menghubungkan sinyal kedalam komputer.
Router
Alat yang digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan menruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.
Kabel UTP
Penghubung antarkomputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya.
Wireless Adapter
Digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel
Konektor RJ 45
Digunakan sebagai penghubung kabel UTP.

Selain perangkat yang sudah ada diatas, penunjang yang pokok dalam perusahaan sablonase yaitu Kamera DSLR, Hardisk, dll. Karena dalam tahap periklanan atau sekalipun pemasaran dibutuhkan juga tampilan yang sangat menarik. Untuk perangkat lunak atau software, seperti :

Program
Operating system Windows 8/Machitos
Browser (Mozilla Firefox, Opera Mini, Chrome, IE)
E-mail Client (Pengelola E-mail)
Anti Virus : AVG, Avira, Mc Afee, Norton Anti Virus,Kaspersky, Bit Defender
Adobe Photoshop CS4
Corel Draw X6, dll

C.    ANALISIS BIAYA
Selain konsep, biaya juga mempunyai peran yang sangat penting. Semua yang kita rancangkan harus sesuai dengan estimasi jumlah perencanaan keuangan perusahaan. Dan ini estimasi anggaran dalam pengembangan perusahaan:

Kebutuhan
Anggaran
Komputer
Rp  3.000.000,-
Modem
Rp     400.000,-
Router
Rp     300.000,-
Kabel UTP
Rp       50.000,-
Wireless Adapter
Rp     100.000,-
Konektor RJ 45
Rp       30.000,-
Kamera DSRL
Rp  4.000.000,-
Hardisk
Rp     400.000,-
Biaya Domain dan sewa Hosting
Rp     700.000,-
Biaya Pemasangan
Rp     100.000,-
Lain-lain
Rp     200.000,-
Jumlah
Rp  9.280.000,-

D.    RANCANGAN DESAIN WEBSITE
Guna menarik perhatian dan tampilan yang baik, maka rancangan dari desain web itu sangat perlu. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Halaman web dan situs web dapat berupa halaman statis, atau dapat diprogram secara dinamis sehingga menghasilkan halaman web dengan konten atau tampilan visual yang diinginkan, tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan dari Webmaster, atau perubahan dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang terkait dengan database yang telah diubah).



Bentuk desain secara sketsa akan seperti ini. Banyak tampilan yang akan menampilkan hasil-hasil sablonase dari BLWJB HARDWEAR. Lebih kearah yang grafis modern.



Mungkin akan saya bentuk seperti yang diatas. Namun itu background cover akan saya rubah dengan beberapa tampilan kaos cetak yang merupakan hasil terbaik dari perusahaan. Dan dibawah akan saya berikan berbagai perbankan yang akan membantu dalam proses jual-beli online nanti. Banyak tulisan kecil yang mendominasi guna informasi yang ada ditampilan. Untuk akses media lain pun akan ditambahkan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Blog sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar