TUGAS
LAPORAN
RANCANGAN
PERENCANAAN SISTEM E-BUSSINESS BLOWJOB
HARDWEAR MMIX
Disusun
oleh:
PRIO AJI
PRASETYO
13.0101.0107
kumiskopi.blogspot.com
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014/2015
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014/2015
BAB.1
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Dengan perkembangan ekonomi yang
semakin modern dan kebutuhan yang mulai tinggi, tak hayal kini dunia bisnis
sudah tak asing ditiap telinga kita. Untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen,
tiap perusahaan melakukan persaingan yang sangat ketat. Baik dalam bidang jasa
atau produksi sekalipun. Seperti perusahaan tekstil dan menjadi barang mode
pakaian yang sudah sangat pesat perkembangannya. Banyak bermunculan
industri-industri kreatif yang berkiblat kearah fashion. Perusahaan Blowjob
House Manual Screen Printing (BLWJB HARDWEAR) merupakan industri kecil alias
industri rumahan yang bergerak dibidang percetakan dan sablon pakaian. Industri
ini sudah bisa dikatakan industri yang lumayan berkembang yang berada disudut
Kota Magelang. Ini salah satu dari sekian banyaknya industri kreatif yang lain.
Alasan utamanya karena anak muda yang kini sudah mampu menciptakan dan
mendapatkan pikiran-pikiran dari luar tentang mode pilihan pakaian. Namun
dengan kelebihan itu masih dirasa kurang karena minimnya pemasukkan yang
berasal dari luar kota. Untuk itu perlu adanya berbagai elektronik teknologi
yang mampu menjangkau ke daerah-daerah luar. Melalui web itu sebagai solusi
utama yang harus diterapkan pada usaha ini. Begitu juga mengatasi persaingan
yang kini sudah banyak adanya. Teknologi Informasi yang pesat harus mampu kita
gunakan sebaik-baiknya. Dengan begitu, manajemen operasional dan produksi akan
diberikan kemudahan dalam memanajerialkan suatu perusahaan atau industri.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1.
Infrastuktur apa sajakah yang mampu
menunjang industri kreatif masuk kedalam online (web)?
2.
Estimasi biaya pengadaan infrastruktur
yang dibutuhkan. Baik domain, hosting, atau akses
3.
Merancang desain website yang
berkarakter persis dengan tipe BLWJB HARDWEAR yang lebih pada keutamaan
kreatifitas
C.
TUJUAN
Tujuan utama dengan adanya perencanaan konsep
E-Bussiness ini diharapkan :
1.
Memperluas jaringan produksi terhadap
konsumen
2.
Memberikan efisiensi yang terbaik bagi
para konsumen
3.
Menampilkan hasil-hasil kreatif yang
sudah diproduksi
4.
Mengikuti perkembangan jaman yang
semakin modern
BAB
II. TINJAUAN PUSTAKA
A.
TENTANG
E-BUSSINESS
Pengertian e-Business atau
definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga
banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta
memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam perkembangan iptek yang
semakin dominan, e-bussiness mampu menawarkan bisnis jarak jauh atau secara
online dengan syarat yang mudah dan efisien serta murah. Menurut saya bisnis
online dapat dikatakan juga sebagai internet marketing.
B.
TENTANG B2C
Di-era yang semakin canggih
ini tentunya bentuk berbisnis sudah mulai macam-macam. Dengan adanya komunikasi
informasi dan berbagai media seperti: BBM, Twitter, Facebook, Instagram, Blog, atau
media lainnya ini, kita dimudahkan untuk melakukan segala hal untuk mencapai
tingkat bisnis kita. Kita tak bisa lepas pada kebutuhan hidup yang semakin
tinggi dan penuh tuntutan. Dengan proses online ini, kesibukan yang kita miliki
dapat teratasi dengan mudahnya kebutuhan yang ingin kita capai. Bagi saya,
produk yang dijual secara online atau secara langsung itu sama saja. Hanya
bedanya tingkat kepercayaan kita ketika melakukan pembelian online, karena
tentunya kita tidak bisa melihat atau memegang asli barang tersebut. Namun,
semua itu kembali kediri masing-masing yang tentunya lebih senang dan percaya
jelas terhadap pembelian dengan via online. Kadang juga kita mencari suatu
kebutuhan melalui beli langsung ke toko belum tentu dapat kita terima karena
kurang cocoknya atau tak sesuai yang diinginkannya. Dan sebaiknya juga kita
sebagai manusia harus bisa mengatur tingkat kebutuhan kita. Jangan terlalu ego
untuk membeli suatu kebutuhan yang tak sesuai yang diharapkan dan menjadi
manusia konsumenrisme.
C.
TENTANG E-COMMERENCE / PASAR
ELEKTRONIK
Electronic
Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan
produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Dengan
menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi
untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan
bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat
persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan
E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan,
sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Tipe dan macam- macam Aplikasi
e-mail
e-mail adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaftarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online.
e-mail adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaftarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online.
World Wide Web
World Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet.Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera).
World Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet.Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera).
Facebook dan Twitter
Facebook
adalah layanan jaringan social dan situs web, agar semua orang bisa membuat
profil pribadi yang bertujuan mencari teman, keluarga. Pengguna dapat bergabung
dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu. Serta dapat dijadikan sebagai
tempat promosi yang sangat efektif. Begitu juga dengan twitter, namun dalam
twitter hanya dibatasi sampai 140 karakter kata saja. Di twitter sangat mudah
untuk mencari pelanggan atau konsumen yang akan membeli produk maupun jasa.
Instagram
Sebuah
aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan
filter digital, dan membagikannya keberbagai layanan jejaring social. Dengan media
ini foto yang kita hasilkan dapat kita promosikan itu sebagai hasil percetakan.
Blogspot
Merupakan
bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh
semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari kita sebagai
pengguna blog. Kita menggunakan untuk bidang promosi dan industri. Jadi ini
dibuat dengan banyaknya tampilan yang menarik.
BAB
III. PEMBAHASAN
A.
RANCANGAN
PENGEMBANGAN
Tujuan pengembangan
adalah untuk kepastian mendapatkan pertumbuhan penjualan dan laba masa datang. Untuk
itu dengan adanya e-commerence, kita harus memanfaatkan sistem betul-betul.
Dalam e-bussiness pun terdapat e-marketing yang dapat mengkoordinir pengembangan
tersebut. E-marketing memberikan beberapa tahapan yang baik dilakukan.
a.
Situation analysis
Pada
tahap awal ini dilakukan dalam menyusun perencanaan pembangunan e-marketing
dimana pada tahapan ini dilakukan analisis kondisi atau tingkat keefektifan
dari aktivitas marketing.
b. Objectivities
Setelah perusahaan ini mengetahui
posisi mereka dalam marketplace kemudian saatnya menentukan tujuan. Tujuan
mengarahkan perusahaan supaya fokus hanya pada hal-hal yang ingin dicapai.
c. Strategy formulation
Setelah tujuan yang ingin dicapai berhasil
dirumuskan makan penyusunan strategi yang tepat sasaran dapat dilakukan.
d. Tactics
Dalam tahap ini perusahaan dituntut
untuk dapat memikirkan dan mengimplementasikan sebuah taktik yang jitu. Taktik
adalah penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan
dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan guna mencapai
tujuan.
e. Action
Setelah berhasil merumuskan taktik
saatnya untuk memecah taktik tersebut menjadi sebuah rangkaian rencana kerja
yang terstruktur dan terjadwal.
f. Control
Pada tahapan ini yang dimaksut
control adalah memonitor dan mengevaluasi secara berkala apakah fungsi
marketting yang telah diterapkan perusahaan sudah berhasil mencapai tujuan
ataukah belum.
Dengan ini, pengembangan percetakan
BLOWJOB HARDWEAR tak hanya didalam proses pemasaran online saja, tetapi pada
pnerapan sebagai perusahaan yang kini sudah berkembang juga harus dapat
teratur.
B.
KEBUTUHAN
INFRASTRUKTUR
Untuk pengembangan secara
internet, perlu adanya perangkat antara hardware dan software yang digunakan
agar pengembangan berjalan secara baik. Untuk hardware sendiri dibutuhkan :
Perangkat
|
Keterangan
|
Komputer
|
Spesifikasi
komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau
lambatnya kinerja akses internet. Processor minimal pentium III 500Mhz. RAM
minimal 64MB. Harddisk minimal 10GB. VGA card minimal 4MB.
|
Modem
|
Suatu alat
komunikasi dua arah. Guna menghubungkan sinyal kedalam komputer.
|
Router
|
Alat yang digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan
menruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.
|
Kabel UTP
|
Penghubung antarkomputer, antara komputer dengan switch
atau router, dan perangkat jaringan lainnya.
|
Wireless Adapter
|
Digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang
tanpa menggunakan kabel
|
Konektor RJ 45
|
Digunakan
sebagai
penghubung kabel UTP.
|
Selain perangkat yang
sudah ada diatas, penunjang yang pokok dalam perusahaan sablonase yaitu Kamera
DSLR, Hardisk, dll. Karena dalam tahap periklanan atau sekalipun pemasaran
dibutuhkan juga tampilan yang sangat menarik. Untuk perangkat lunak atau
software, seperti :
Program
|
Operating
system Windows 8/Machitos
|
Browser (Mozilla
Firefox, Opera Mini, Chrome, IE)
|
E-mail
Client
(Pengelola E-mail)
|
Anti Virus : AVG, Avira, Mc Afee, Norton Anti
Virus,Kaspersky, Bit Defender
|
Adobe Photoshop CS4
|
Corel Draw X6, dll
|
C.
ANALISIS
BIAYA
Selain konsep,
biaya juga mempunyai peran yang sangat penting. Semua yang kita rancangkan
harus sesuai dengan estimasi jumlah perencanaan keuangan perusahaan. Dan ini
estimasi anggaran dalam pengembangan perusahaan:
Kebutuhan
|
Anggaran
|
Komputer
|
Rp 3.000.000,-
|
Modem
|
Rp 400.000,-
|
Router
|
Rp 300.000,-
|
Kabel
UTP
|
Rp 50.000,-
|
Wireless
Adapter
|
Rp 100.000,-
|
Konektor
RJ 45
|
Rp 30.000,-
|
Kamera
DSRL
|
Rp 4.000.000,-
|
Hardisk
|
Rp 400.000,-
|
Biaya
Domain dan sewa Hosting
|
Rp 700.000,-
|
Biaya
Pemasangan
|
Rp 100.000,-
|
Lain-lain
|
Rp 200.000,-
|
Jumlah
|
Rp 9.280.000,-
|
D.
RANCANGAN
DESAIN WEBSITE
Guna menarik
perhatian dan tampilan yang baik, maka rancangan dari desain web itu sangat
perlu. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan
konten online
termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web
/ server.
Halaman web dan situs web dapat berupa halaman statis, atau dapat diprogram
secara dinamis sehingga menghasilkan halaman web dengan konten atau tampilan
visual yang diinginkan, tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari
pengguna akhir, masukan dari Webmaster, atau perubahan
dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang terkait dengan database
yang telah diubah).
Bentuk desain secara sketsa akan seperti ini. Banyak tampilan yang akan menampilkan hasil-hasil sablonase dari BLWJB HARDWEAR. Lebih kearah yang grafis modern.
Mungkin akan saya
bentuk seperti yang diatas. Namun itu background cover akan saya rubah dengan
beberapa tampilan kaos cetak yang merupakan hasil terbaik dari perusahaan. Dan dibawah
akan saya berikan berbagai perbankan yang akan membantu dalam proses jual-beli
online nanti. Banyak tulisan kecil yang mendominasi guna informasi yang ada
ditampilan. Untuk akses media lain pun akan ditambahkan seperti Facebook,
Twitter, Instagram, Blog sekalipun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar