Selasa, 07 Oktober 2014

B2B (Business to Business)

B2B adalah transaksi secara elektronik  antara entitas bisnis yang satu ke entitas bisnis lainnya. Pasar B2B berbeda karakteristiknya dibanding pasar B2C (Business to Consumer). Paradigma pengembangan produk B2B  di dorong terutama oleh pengembangan tekhnologi, sementara pada produk-produk konsumen penggeraknya terutama adalah perubahan pada gaya hidup dan fashion (sosial-kultural). B2B lebih kepada manfaat fungsional, sedangkan pada B2C lebih kepada manfaat emosional yang akan diterima oleh pelanggan. Strategi Business to Business (B2B), yaitu strategi pemasaran melalui komunikasi elektronik untuk melakukan transaksi bisnis antara dua perusahaan atau lebih. Kawan Lama dan para partner bisnisnya di dunia industri mendapat manfaat besar dari strategi B2B ini.
Adapun analisis saya setelah membaca berbagai sumber bahwa intinya B2B itu proses kerjasama antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Bisa satu perusahaan, atau bisa dengan berbagai perusahaan. Dan dengan tingginya teknologi yang ada, proses ini semakin canggih dan semakin mengembang diberbagai perusahaan.

Berikut kunci sukses menjalankan B2B :
  • Kunci sukses marketing B2B adalah QSR. QSR adalah singkatan dari Quality, Speed, Relationship. Fokus pada excellent product, memberikan excellent service, dan continuous improvement.
  • Strategi jemput bola bisa menjadi andalan. Tim marketing langsung mendatangi dan presentasi di perusahaan-perusahaan yang menjadi target market.
  • Adanya dukungan sistem IT yang canggih untuk meningkatkan pelayanan. Melalui website, para pelanggan bisa memantau barang yang dikirim seperti contohnya SMS Pick Up and Tracking.
  • Untuk membangun awareness dan menjalin hubungan yang baik, aktivitas customer gathering bisa menjadi pilihan. Selain itu juga banyak mengadakan seminar bisnis dan ikut berbagai pameran.
Beberapa strategi yang bisa diaplikasikan di B2B :
  • Membuat suatu kontes yang menginspirasi pengikutnya untuk menyebarkan promosi bisnis anda terutama di social media.
  • Berikan pengetahuan kepada target market anda. Semakin mereka mengerti maksud dari produk anda semakin mereka akan membelinya.
  • Membuat web meeting dan presentasi power point yang bisa diakses dengan mendaftarakan nama dan password di website anda. Dengan web meeting akan lebih menghemat ongkos menuju potensial klien.
  • Buat product discussion list lewat email, discussion list untuk mendapatkan feedback dari klien anda.
B2B e-commerce sendiri memberi begitu banyak manfaat dalam penerapannya. Beberpa di antaranya yaitu:
  • Mengurangi penggunaan kertas dan biaya-biaya yang bersangkutan (administrasi, pencarian, penjualan, pemeliharaan sediaan, dll)
  • Mengurangi kesalahan-kesalahan manual, waktu transaksi, & jumlah sediaan di gudang
  • Meningkatkan fleksibilitas (JIT), produktivitas, dan kolaborasi.
  • Konfigurasi dan kustomisasi produk menjadi lebih mudah
  • Customer service yang efisien
  • Katalog online yang interaktif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar