B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas
bisnis yang satu ke entitas bisnis lainnya. Pasar B2B berbeda karakteristiknya
dibanding pasar B2C (Business to Consumer). Paradigma pengembangan produk
B2B di dorong terutama oleh pengembangan tekhnologi, sementara pada
produk-produk konsumen penggeraknya terutama adalah perubahan pada gaya hidup
dan fashion (sosial-kultural). B2B lebih kepada manfaat fungsional, sedangkan
pada B2C lebih kepada manfaat emosional yang akan diterima oleh pelanggan. Strategi Business to Business (B2B), yaitu strategi
pemasaran melalui komunikasi elektronik untuk melakukan transaksi bisnis antara
dua perusahaan atau lebih. Kawan Lama dan
para partner bisnisnya di dunia industri mendapat manfaat besar dari strategi
B2B ini.
Adapun analisis saya
setelah membaca berbagai sumber bahwa intinya B2B itu proses kerjasama antara
perusahaan satu dengan yang lainnya. Bisa satu perusahaan, atau bisa dengan
berbagai perusahaan. Dan dengan tingginya teknologi yang ada, proses ini
semakin canggih dan semakin mengembang diberbagai perusahaan.
Berikut
kunci sukses menjalankan B2B :
- Kunci sukses marketing B2B adalah QSR. QSR adalah singkatan dari Quality,
Speed, Relationship. Fokus pada excellent product, memberikan excellent
service, dan continuous improvement.
- Strategi jemput bola bisa menjadi andalan. Tim marketing langsung
mendatangi dan presentasi di perusahaan-perusahaan yang menjadi target
market.
- Adanya dukungan sistem IT yang canggih untuk meningkatkan pelayanan.
Melalui website, para pelanggan bisa memantau barang yang dikirim seperti
contohnya SMS Pick Up and Tracking.
- Untuk membangun awareness dan menjalin hubungan yang baik, aktivitas customer
gathering bisa menjadi pilihan. Selain itu juga banyak mengadakan
seminar bisnis dan ikut berbagai pameran.
Beberapa
strategi yang bisa diaplikasikan di B2B :
- Membuat suatu kontes yang menginspirasi pengikutnya untuk menyebarkan
promosi bisnis anda terutama di social media.
- Berikan pengetahuan kepada target market anda. Semakin mereka mengerti
maksud dari produk anda semakin mereka akan membelinya.
- Membuat web meeting dan presentasi power point yang bisa diakses
dengan mendaftarakan nama dan password di website anda. Dengan web meeting
akan lebih menghemat ongkos menuju potensial klien.
- Buat product discussion list lewat email, discussion list untuk mendapatkan feedback dari klien anda.
B2B e-commerce sendiri memberi begitu banyak manfaat
dalam penerapannya. Beberpa di antaranya yaitu:
- Mengurangi penggunaan kertas dan biaya-biaya yang bersangkutan
(administrasi, pencarian, penjualan, pemeliharaan sediaan, dll)
- Mengurangi kesalahan-kesalahan manual, waktu transaksi, & jumlah
sediaan di gudang
- Meningkatkan fleksibilitas (JIT), produktivitas, dan kolaborasi.
- Konfigurasi dan kustomisasi produk menjadi lebih mudah
- Customer service yang efisien
- Katalog online yang interaktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar